Mengapa Komputer Membutuhkan Defragment
Dalam artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana caranya mengoptimalkan komputer karena sudah ratusan kali dibahas di internet oleh teman-teman yang lain. Saya juga tidak akan membahas apa manfaatnya mengoptimalkan komputer. Tetapi saya akan bertanya ketika anda tertartik tips mengoptimalkan komputer tahukah anda alasannya mengapa anda harus melakukan itu? Tahukah anda apa resiko yang paling parah jika anda menggunakan komputer seenaknya? Jadi yang saya inginkan dari artikel ini adalah anda menyadari betapa pentingnya merawat dan menyehatkan komputer. Perhatikan contoh kasus di bawah ini;

Si Budi dan Ari adalah dua mahasiswa bersaudara yang tinggal di sebuah kamar kost yang baru saja disewa. Ukuran kamar 3 X 6 meter mereka tempati berdua. Budi mempunyai sebuah komputer yang juga baru dibeli yang ditempatkan dalam kamar tersebut di samping lemari pakaian. Dalam kamar kost inilah segala aktivitas mereka jalankan.
Karena Budi senang menulis artikel maka dalam kamar tersebut ada sebuah rak ukuran lebar 4 meter penuh dengan buku referensi dan bacaan. Setiap hari budi membaca setidaknya 5 buku yang diambli dari rak buku dan sesudahnya disimpan kembali. Namun adakalanya tidak semua buku yang habis dibaca dikembalikan ketempatnya semula tetapi disimpan sementara di lantai atau di tempat tidur. Rutinitas ini dijalani oleh Budi setiap hari selama berbulan-bulan.
Seiring dengan itu karena penulis artikel maka tiap hari Budi menggunakan komputernya untuk bekerja. Adakalanya selain menulis artikel Budi senang mencoba program-program baru yang di install dalam komputernya. Kalau ada program baru langsung diinstall dan kalau dirasa tidak cocok dikeluarkan lagi. Begitulah aktivitas Budi selain menulis artikel.

Pada bulan kedua Budi dengan segala kesibukannya mulai merasa sumpek karena sudah banyak buku yang berserakan di lantai, meja dan termasuk di tempat tidur. Mau dirapikan? Ah nanti saja pikirnya. Lalu ia malah meneruskan bekerja pada komputernya yang juga sudah mulai lambat karena sering bongkar pasang pekerjaan maupun program.
Tepat hari ke 90 atau bulan ketiga Budi mencari sebuah buku diantara buku-bukunya yang berantakan. Lama ia mencari, bongkar sana-sini tetapi tidak ketemu juga. Karena ia kesal maka diputuskannya untuk bekerja dengan komputer saja. Namun lebih kecewa lagi karena komputernyapun malas-malasan bekerja alias sudah sangat lambat. Karena kesalnya maka ia mematikan komputernya lalu berjalan diantara tumpukan buku, pakaian yang bertumpuk dengan barang lain. Akhirnya dengan susah payah ia bisa keluar dari kamar yang “hancur” tersebut.
Apa makna sepenggal cerita sederhana ini? Sebenarnya seperti itulah kerja komputer yang anda gunakan. Setiap hari anda menggunakan komputer maka aktivitas Budi dalam cerita diatas dilakoni oleh prosessor komputer dibawah bantuan memory. Setiap hari pekerja utama yaitu prosessor mengerjakan data yang diminta dari RAM lalu sesudah dikerjakan dikembalikan lagi kepada RAM untuk disimpan kembali ditempatnya. Nah ruang kerja mereka adalah Harddisk.
Masalahnya adalah adakalanya RAM itu suka cari gampang yaitu agar RAM mudah memberikan data yang sama kepada prosessor jika meminta data/informasi yang sama maka kadang RAM menyimpanya sementara waktu ditempat-tempat tertentu. Setelah hal ini dilakukan berulang-ulang ternyata ini menyebabkan semakin sempitnya ruang kerja prosessor karena simpanan sementara tadi ditambah dengan sampah-sampah yang tidak sempat dibuang secara total. Ketika ruang kerja semakin kritis akibat proses tadi maka pada akhirnya kadang RAM sendiri kebingungan mencari data yang diminta oleh prosessor untuk dieksekusi. Kalau sudah begini maka terjadilah yang namanya “hang” alis komputer secara keseluruhan stress. Hehehe kayak manusia ya.
Untuk mengembalikan semua ‘barang’ berantakan tadi maka komputer membutuhkan defrag hard disk yaitu menyusun kembali data dan program yang berantakan setelah komputer digunakan sekian lama. Ada banyak sekali woftware untuk menyegarkan kembali kinerja komputer tetapi yang saya anjurkan adalah defrag. Mengapa bukan menggunakan software? Karena kita mulai dari yang paling ringan dan murah.
Cara men-defrag pun sangat mudah tinggal buka MyComputer, klik kanan drive sistem (C:) lalu pilih properties. Selanjutnya klik tab [tools] kemudian klik lagi [defragment Now...]. silahkan minum kopi dan tunggu prosesnya selesai. Selamat mencoba!
atau caranya seperti ini :
Cara Defragment Hard Disk Anda
Disk defragmentation adalah proses yang mengumpulkan bersama bagi ruang bebas pada hard disk oleh Memadatkan file kecil yang tersebar pada disk. Ini akan mengizinkan komputer anda untuk proses tugas pada kecepatan yang lebih cepat.
Caranya Klik ->
Start -> Program -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter

Cara defragment harddisk (Windows)
1. Menutup semua program yang terbuka termasuk firewall dan perangkat lunak antivirus berjalan.
2. Restart komputer Anda dan membukanya dalam "Safe Mode"
3. Untuk itu, bila komputer ini dimuat, tekan tombol "F8" ketika tombol Windows layar muncul.
4. Memilih untuk terbuka di "Safe Mode" dari daftar pilihan untuk boot sistem anda dengan menggunakan keyboard panah.
5. Ketika komputer anda boot dalam Safe Mode, sekali lagi memastikan bahwa semua program telah ditutup.
6. Mulai pergi ke tombol dan daftar "Semua program".
7. Pada pilihan "Aksesoris", pilih "System Tools"
8. Pilih pilihan "Disk Defragmenter"
9. Pilih opsi "Menganalisa" pertama agar komputer Anda dapat menelusuri untuk ruang bebas pada drive
10. Oleh karena itu, pilih opsi "Defragment" untuk memulai proses.

Catatan: Proses ini mungkin memakan waktu yang lama, tergantung pada kemampuan proses komputer anda. Jika komputer Anda memiliki beberapa partisi, anda dapat memilih untuk defragment mereka sekaligus.
Defragment hard disk dengan Command Prompt
sebaiknya sebelum melakukan "Defragment" matikan dulu screen sever dan pengaturan delay waktu di power opsions.caranya klik kanan properties layar desktop properties display -> pilih screen saver
->screen saver pilih none lalu klik power untuk mematikan delay waktu power Schemes
dipilih nerver semuanya.setelah proses "Defragment" selesai kembalikan pengaturan Screen saver seperti semula.

[LIHAT GAMBAR] DIATAS
Command Prompt keunggulan memiliki pilihan untuk defragment semua partisi sekaligus.
1. Masuk ke Start Button dan pilih "Aksesoris"
2. Pilih "Command Prompt" pilihan dan masukkan "defrag c:" atau drive yang ada untuk defragment.
3. Defragment untuk semua partitioned drive dari berbagai ukuran dan fragmen ukuran, Anda bisa menggunakan perintah "defrag volume [(-r |-w)] [-f] [-v]"
4. Defragment Anda ke seluruh drive dengan ketersediaan ruang yang kurang dari 15%, Anda dapat menggunakan perintah "defrag c-[(-r |-w)] [-f] [-v]"

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More