Membuat SSH Server di Windows XP menggunakan OpenSSH for Windows (v3.8.1p1-1)

Intro
OpenSSH for Windows merupakan aplikasi SSH (Secure Shell) server yang dapat dijalankan dalam Sistem Operasi berbasis Windows NT (NT, 2000, XP). Biasanya SSH Server telah tersedia dalam Sistem Operasi bebasis UNIX/Linux. Namun tidak demikian dengan Windows. Kita harus menginstal sendiri aplikasi ini, karena tidak Windows tidak menyediakan secara bawaan.
SSH Server berguna apabila ingin melakukan koneksi jarak jauh (remote) terhadap konsol windows (CMD). Sebenarnya ada cara yang lebih praktis yaitu menggunakan Remote Desktop Connection (RDC), tapi jika ingin menggunakan RDC, maka user pada komputer server harus logout terlebih dahulu. Berbeda dengan SSH, user yang sedang login pada server tidak perlu logout untuk menggunakan komputer menggunakan konsol. Tentunya hal ini hanya bermanfaat kalau hanya ingin menggunakan windows dengan Konsol.
Salah satu contohnya adalah jika ingin mendownload file dari server (dalam hal ini komputer Windows XP) menggunakan wget :. Penulis sering mendownload file dari internet tanpa menginterupsi user yang sedang login pada komputer server dan dapat diremote dari mana saja. Kebetulan akses internet lewat server ini tidak membutuhkan login :.

INSTALL
Download file installer OpenSSH for Windows dari alamat inihttp://sshwindows.sourceforge.net.
Setelah itu install menggunakan tombol ajaib ‘next’ seperti install program di Windows pada umumnya. Tinggal klik ‘next’ ‘next’ dan ‘next’.  Setelah berhasil di install, OpenSSH belum mempunyai file ‘group’ dan ‘passwd’. Oleh karena itu kita harus membuatnya dulu.

1. Masuk ke Command Promp (konsol) dengan menggunakan Run->cmd.
2. Setelah masuk konsol, pindah ke directory C:\Program Files\OpenSSH\bin (atau sesuai dengan direktori waktu install OpenSSH).
3. Setelah itu, ketik perintah untuk menambahkan file ‘group’ sebagai berikut :

        C:\Program Files\OpenSSH\bin>mkgroup -l >> ..\etc\group

4. Setelah itu, ketik perintah untuk menambahkan file ‘passwd’ sesuai dengan user yang ada di Sistem Windows XP sebagai berikut :

        C:\Program Files\OpenSSH\bin>mkpasswd -l [-u <username>] >> ..\etc\passwd
       
!!Perhatian!!
Perintah diatas akan memasukkan semua user yang terdaftar pada Windows XP, termaksud user Guest. Oleh karena itu nonaktifkan user Guest, agar tidak dapat digunakan oleh orang lain.

5. Setelah itu jalankan aplikasi OpenSSH dengan perintah berikut :

        C:\Program Files\OpenSSH\bin>net start opensshd

OpenSSH sudah terdaftar sebagai services, jadi jika ingin menjalankannya secara otomatis setiap Windows dihidupkan, tinggal atur properties dari RUN->services.msc. Cari bagian OpenSSH Server, klik kanan dan pilih bagian properties. Pastikan Startup Type : Automatic.

SSH Server telah berhasil di Install dan Windows XP siap diremote ^^;

2 komentar:

seep gan visit back http://tkj-gamewebfree.blogspot.com/2012/03/meitu-xiu-xiu-edit-foto-lebih-keren.html

kalo udh bisa,ngpaen lagi gan?
ane bingung..
ap yang saya dapet?
SSH?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More