Tips And Trick Komputer + Hardware

Tips mengurangi hang pada komputer

  
tips mengurangi hangHang pada komputer terkadang bisa membuat jengkel pangguna komputer. Karena pekerjaan bisa terganggu dan kurang efektif. Hang terjadi ketika kerja komputer tidak seimbang dengan performanya.

Hang bisa diminimalisir, caranya ialah dengan menjadikan komputer seefisien mungkin. Berikut ini adalah beberapa tips mengurangi hang pada komputer.

1. Hapuslah beberapa program yang jangan digunakan. Misalnya aplikasi yang kurang bermanfaat, sebaiknya dihapus saja dengan cara di uninstall atau di remove pada control panel > add or remove program.
2. Pastikan tidak ada banyak program yang aktif. Cara mengetahuinya ialah dengan melihat icon yang ada di sudut kanan bawah desktop.tips mengurangi hang




3. lakukan scan antivirus. Biasanya salah satu penyebab hang adalah adanya virus yang aktif.
4. lakukan defragment pada harddisk c:. carnya klik kaan pada hardisk c:, lalu pilih properties. Setelah muncul tampilannya, pilih tab tools dan pilih defragment now . kemudian lakukan defragment, minimalnya sebulan sekali.

Tips dan Trik windows xp : mematikan komputer dengan cepat dan aman

  
tips windows xpBagi orang yang kurang sabaran, menunggu komputer mati (yang hang) memang terkadang agak menjengkelkan. Jika di matikan langsung dari stabilizernya, resikonya hardisk yang akan rusak. Lalu bagaimana solusinya mematikan komputer dengan cepat dan aman.

Bagi sebagian orang, mungkin ada yang belum mengenal apa itu Hibernate. Hibernate adalah sebuah program dari windows XP untuk mempercepat proses turn off atau mematikan komputer. Program ini cocok untuk orang yang sibuk.

Cara mengaktifkan hibernate ialah:
1. masuk ke desktop.
2. klik kanan dan pilih properties
3. pilih tab screen saver
4. lalu klik tombol power

tips windows xp

5. setelah muncul sebuah tampilan baru, lalu pilih tab Hibernate dan beri tanda centak pada kotak hibernate

tips windows xp

6. Setelah itu klik ok dan hibernate pada komputer anda sudah aktif.

Lalu anda pun bia mencobanya, caranya pertama anda klik start dan turn off, lalu tekan tombol sift dan akan muncul tombol hibernate, lalu klik tombolnya.
tips windows xp

Bisanya kecepatan mematikan komputernya tergantung besar tidaknya memori RAM. Tapi tak akan selama mematikan komputer dengan cara biasa (turn off).

TIPS MERAWAT MOTHERBOARD YANG EFISIEN

tips merawat motherboard
Sebagai hardware yang memerlukan suplay udara, motherboard senantiasa bersentuhan dengan udara luar. Manfaatnya ialah supaya mengurangi panas yang dihasilkan oleh cipset. Motherboard bisa mengalami kerusakan jika suhunya terlalu tinggi. Oleh karena itu, suplai udara harus mengalir dengan baik sebagai salah satu cara merawat motherboard yang baik.

Tapi perlu diketahui, udara bebas belum tentu terbebas dari debu. Bisa saja udara yang masuk ke CPU membawa debu dan menempel pada motherboard. Debu yang menempel pada cipset bisa berbahaya kalau di biarkan. Alasannya karena debu bisa menahan panas sehingga suhu pada cipset bisa saja semakin tinggi. Dan hal ini bisa saja membuat cipset pada motherboard terbakar.

Oleh karena itu, penempatan CPU harus kita perhatikan, sebisa mungkin tempatkan pada tempat yang jauh dari debu. Selain itu motherboard juga harus dirawat dengan cara dibersihkan minimalnya sebulan sekali menggunakan alat yang halus seperti kuas, kain dsb. Umur motherboard bisa bertahan lama jika seandainya dalam merawat motherboard ini, harus dilakukan dengan baik dan rutin.

CARA MEMPERBAIKI HARDWARE ONBOARD YANG MATI

  
hardware onboardHardware onboard terdapat pada motherboard yang simple dan praktis. Hardware tersebut seperti souncard, VGA, LAN card dkk, sudah menyatu dalam motherboard. Sehingga penggunanya tak perlu lagi menambahkan hardware yang sudah tersedia (baca praktis).

Hardware tersebut walaupun praktis, tapi agak sedikit ribet kalau sudah tidak berfungsi. Berbeda dengan hardware yang tidak onboard, kalau rusak kan bisa diganti. Tapi tunggu dulu, hardware yang onboard sebenarnya tersambung langsung dengan system BIOS pada motherboard. Oleh karena itu, alau tidak berfungsi jangan dulu beranggapan kalau ia itu sudah rusak. Coba dulu lakukan langkah berikut ini:

1. carilah jumper yang bernama CLEAR CMOS. Biasanya terletak dekat barterai.
2. posisikan jumper itu pada posisi CLEAR CMOS.
3. tunggu salama 5 detik
4. kembalikan jumper ke posisi semula (NORMAL).

Setelah itu nyalakan komputer dan cek hardware yang bermasalah tadi.
Kalau cara diatas berhasil, tandanya hardware yang tidak berfungsi tadi memang di nonaktifkan oleh system BOIS. Tapi kalau masih gak berfungsi juga, artinya ada kemungkinan memang harware tersebut memang sudah rusak.

PENYEBAB RUSAKNYA HARDDISK

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Harddisk merupakan hardware penyimpanan data yang utama pada komputer. Tanpa harddisk, komputer tidak dapat digunakan secera optimal, karena tampilannya hanya tulisan-tulisan berwarna hitam putih.

Harddisk merupakan hardware yang sensitive. Ada beberapa hal yang menyebabkan rusaknya harddisk. Namun yang paling parah ialah matinya aliran listrik secara mendadak, yaitu:

1. Mati lampu. Solusinya ialah dengan memakai adaptor khusus yang dapat menyimpan listrik untuk beberapa menit. Jadi saat mati lampu terjadi, komputer tetap menyala dan masih ada kesempatan untuk mematikan komputer dengan aman.

2. Resset. Sebagai orang berfikir bahwa menekan tombol resset pada CPU adalah hal kecil, padahal ini sangat berbahaya bagi harddisk. Alasannya katika jarum harddisk sedang bekerja, maka posisinya sedang berada di tengah-tengah piringan harddisk. Dan jika kita menekan tombol resset, maka si jarum tersebut akan serentak bergerak ke tepi piringan dan meninggalkan bekas goresan maka terjadilah badsector. Oleh karena itu, jangan asal-asalan menekan tombol resset.

Sekedar tips seandainya komputer hang dan tidak ada jalan lain selain menekan tombol resset. Tunggulah sampai lampu harddisk (biasanya yang berwarna merah) mati, walau pun nyalanya berkedip-kedip, tekanlah tombol resset saat lampu harddisk sedang mati/tidak menyala.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More